Cari alamat situs disini?

Google
 

Rabu, 25 Agustus 2010

"Lailatul Qadr"


Setiap pertengahan Ramadhan tiba kaum muslimin selalu berharap mendapatkan malam "Lailatul Qadr", yaitu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan
Kata Al Qadr sendiri berarti Kemuliaan sedangkan lail adalah malam jadi secara etimologi bahasa Lailatul Qadr adalah Malam Kemuliaan. Wah siapa coba yang gak mau dapat malam kemuliaan, semua kaum muslimin sangat menginginkannya tapi gimana caranya dan tanda tanda orang yang sudah mendapatkannya.
Untuk medapatkan kaum muslimin harus ikhlas melaksanakan ibadah pada malam tersebut seperti Qiyamullail, tadarus , Zikir dan lain lain pokoknya lebih mendekatkan diri ma Allah SWT. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa malam lailatul qadr lebih dekat pada malam malam ganjil pada bulan ramadhan.
Terus Ciri manuasia yang sudah mendapatkan malam lailatul qadr apa yah?....Saya belum menemukan keterangan atau dalilnya dalam Al-Quran atau hadits.Tapi jika menilik dari perjalanan Nabi Muhammad SAW ketika mendapatkan Wahyu Pertama maka pantaslah kita mengambil pelajaran dari periwtiwa tersebut. Perlu diingat bahwa pada saat diturunkannya Al Qur'an pertama pada malam lailatul qadr serti dijelaskan pada Surat Al Qadr ayat 1
" Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan".

Setelah diturukannya Al Quran pada malam lailatul qadr tersebut apa yang terjadi?
Rasul membawa paradigma baru dalam konsep kehidupan yang berlandaskan Al Quran,Rasul membawa angin perubahan kebaikan yang hakiki yang diinginkan setiap insan pada waktu itu, membawa akhlak yang dapat diteladani sehingga menjadi project percontohan manusia yang sempurna.
Menilik hal tersebut maka jika ada kaum muslimin yang mendapatkan malam lailatul qadr, orang terebut haruslah membawa perubahan kehidupan pada sekitarnya seperti apa yang dilakukan Muhammad SAW.Harus membawa paradigma baru dalam tatanan kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara dengan landasan Al Quran. Sau lagi nih orang yang dapat malam lailatul qadr juga harus berani menyuarakan kebenaran walaupun dalam himpitan kesulitan .

Semoga Bermanfaat

Hendra Wijaya
Z Consulting

Tidak ada komentar: