Cari alamat situs disini?

Google
 

Senin, 09 Juli 2007

Liga Arab akan Bahas Perdamaian dengan Israel

Sejumlah diplomat negara-negara Arab dan Israel membenarkan rencana kunjungan wakil Liga Arab ke Israel dalam waktu dekat ini. Kementerian Luar Negeri Yordania sudah menyatakan bahwa menterinya, Abdul-Ilah al-Khatib akan tiba di Yerusalem pada Kamis lusa. Begitu juga dengan Menlu Mesir, Ahmed Aboul Gheit.
Kunjungan dua menteri luar negeri Arab itu ke Israel, menjadi kunjungan pertama pertama perwakilan Liga Arab ke Israel. Mereka akan membahas tentang upaya perdamaian antara Palestina-Israel dan membicarakan kemungkinan dukungan untuk Presiden Palestina Mahmud Abbas.
Juru bicara kementerian luar negeri Israel, Mark Regev mengatakan, terkait upaya perdamaian Palestina-Israel, akan dibahas tentang pengakuan penuh Arab terhadap eksistensi negara Israel berdasarkan syarat negara-negara Arab agar Israel mundur dari wilayah-wilayah Palestina yang didudukinya sejak Perang Timur Tengah tahun 1967. Masalah lainnya yang akan dibicarakan adalah masalah pembentukan negara Palestina.
"Ini kunjungan pertama Liga Arab ke Israel. Mereka akan membahas bagimana syarat-syarat perdamaian yang diajukan Liga Arab bisa mencapai kesesuaian antara Israel dan Palestina, " kata Regev.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Liga Arab, Amir Moussa hari Minggu (8/7) mengatakan bahwa kunjungan Liga Arab yang diwakili menlu Mesir dan Menlu Yordania ke Israel adalah atas permintaan komite inisiatif perdamaian Liga Arab agar Arab melakukan kontak dengan Israel.
Mesir dan Yordania akan menjadi utusan khusus inisiatif perdamaian Liga Arab, karena kedua negara itu sudah sejak lama menandatangani kesepakatan damai dengan Israel.

Tidak ada komentar: